Ketika kita bicara konten website, biasanya fikiran kita terbatas pada isi website kita sendiri saja, pada konten dalam bentuk teks saja, pada konten yang berisi deskripsi produk atau jasa yang kita tawarkan saja, dan berbagai batasan lainnya. Ketika kita bicara konten untuk keperluan SEO, kita perlu memperluas sudut pandang, karena meskipun fokus kita tertuju pada website kita dan konten kita harus relevan dengan kata kunci ranking yang kita ingin capai, pada kenyataannya tujuan akhir kita bukanlah search engine tetapi pengunjung website.

Selanjutnya, ketika kita bicara online marketing, ada berbagai instrumen baik di dalam maupun di luar website yang harus kita manfaatkan, baik untuk membantu mendongkrak ranking maupun mendatangkan pengunjung. Tidak ada yang bisa kita korbankan antara ranking dan aliran pengunjung karena keduanya punya prioritas sama. Ranking yang tinggi mngalirkan kunjungan dalam jumlah besar, traffic pengunjung yang tinggi dipantau search engine sebagai salah satu indikator bahwa website kita merupakan sumber informasi berkualitas dan karena itu layak mendapatkan ranking tinggi.

Mari kita lihat berbagai macam konten yang perlu kita masukan menjadi bahan dalam meramu strategi pengembangan konten kita sebagai berikut:

  • Blog: Apakah target sasaran kita menggunakan search engine untuk mencari informasi? Kemungkinan besar ya. Blog memberi anda kesempatan untuk membuat konten yang menjawab pertanyaan mereka, menyediakan informasi yang mereka butuhkan, dan mengarahkan mereka ke website anda. Agar konten yang anda tulis search-engine-friendly anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari keyword yang banyak dipakai orang ketika mencari informasi yang releven dengan produk atau jasa yang anda tawarkan pada website anda. Pastikan pula bahwa blog tempat anda memasang konten sejalan dengan kaidah-kaidah SEO yang baik, seperti setting permalink, judul ? URL ? header yang saling terkait, dan sebagainya.
  • Facebook: Berfikirlah dari sudut pandang sasaran. Biatlah halaman profil untum produk atau perusahaan anda. Siapkan konten yang dapat dibagi pada website anda, sediakan tombol ?Share? atau ?Like? sehingga pengunjung dapat dengan mudah memperkenalkan konten anda pada relasi-relasinya jika mereka menyukainya. Buatlah konten unik yang khusus diperuntukkan bagi Facebook, kalau perlu siapkan kalender khusus untuk promosi website anda di Facebook.
  • Twitter : Seperti halnya Facebook, jangan pernah menggunakan Twitter untuk berjualan langsung. Anda salah besar jima melakukannya. Buatlah konten yang bermanfaat sehingga anda dianggap sumber informasi yang terpercaya, sehingga jika kemudian sekali-sekali anda berjualan orang masih dapat menerimanya. Dalam lingkungan ini, motivasi anda harus ?memberi?, bukannya ?mendapat?.
  • Sinergi antara Blog, Facebook, dan Twitter: Sinergi penggunaan ketiga elemen ini sangat penting dalam menunjang sukses SEO anda. Misalnya untuk satu topik tertentu anda dapat menulis posting Blog, mengambil inisiatif diskusi dengan melempar pertanyaan di Twitter, dan menyemenggarakan polling di Facebook. Kelolalah topik pada masing-masing channel dengan baik dan upayakan untuk mengarahkan mereka yang merespon pada satu client untuk juga berinteraksi melalui channel lainnya sehingga tercipta keterhubungan yang bertingkat.
  • Gambar: Sederhana tapi tidak boleh dianggap remeh. Usahakan untuk selalu memanfaatkan tag <title> dan <alt> pada setiap elemen gambar dengan sebaik-baiknya. Elemen gambar cenderung lebih menarik bagi pengunjung, selain itu elemen gambar dapat terindeks oleh search engine gambar seperti Google Images.
  • Video: Jika anda tidak memiliki akun YouTube, buatlah sekarang.  Sama seperti gambar, bagi kebanyakan orang, lebih berarti dari seribu kata, video lebih berarti dari foto dan teks. Tapi ingat bahwa search engine tidak bisa menonton video, jadi pastikan bahwa anda mengoptimasi semua elemen teks di sekitar video tersebut seperti nama file, tag <title>, teks deskripsi, serta tagging pada website tempat berbagi video itu sendiri. Jika anda menggunakan YouTube, mertindaklah lebih taktis dengan menambahkan konten tekstual yang search-engine-friendly untuk ditempatkan di sekitar posting video kita.
  • Press Release: Ketika ada kejadian-kejadian penting pada perusahaan atau produk anda, seperti launching produk baru atau mendapatkan pelanggan kelas kakap, terbitkanlah press release. Selain memasangnya pada website kita, pastikan juga anda mendistribusikannya melalu layanan distributor press release online.
  • Artikel: Jika ada hal yang penting untuk dipublikasikan tapi anda tidak merasa cocok untuk menempatkannya baik pada blog atau melalui press release, mungkin anda dapat menulisnya sebagai artikel yang bisa anda pasang di website anda sendiri dan anda distribusikan melalui berbagai direktori artikel online.
  • FAQ: Jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan orang mungkin kurang cocok untuk dipasang pada blog apalagi press release. Buatlah Frequently Asked Question, daftar pertanyaan yang sering diajukan orang lengkap dengan jawabannya, kemudian tempatkanlah pada website anda. Hal ini penting untuk membantu orang mencari jawaban atas pertanyaan yang ada di dalam fikiran mereka. Jika anda tidak memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, mereka mungkin akan mencarinya dari sumber-sumber yang tidak bisa anda kontrol.
  • Review dan Komentar: Jika anda ingin mendapatkan konten yang lebih banyak dari apa yang bisa anda buat, cobalah menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menuliskan review atau komentar atas produk yang anda tawarkan. Selain membantu anda menambah konten yang relevan secara terus-menerus, review dan komentar pelanggan dapat membantu pelanggan lain dalam mengambil keputusan.